%0 Report %9 Project Report %A Dennis Hermawan, Dennis Hermawan %D 2016 %F UNY:46408 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Praktik Pengalaman Lapangan, PPL UNY, SD Negeri Sendangadi 1 %T LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI SENDANGADI 1 %U http://eprints.uny.ac.id/46408/ %X Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilakukan di SD Negeri Sendangadi 1 berlangsung mulai tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Dengan kegiatan PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, tidak hanya dalam hal mengajar, namun segala kegiatan yang dilakukan di lapangan. Mahasiswa dapat melatih kemampuannya, memperluas wawasan, berlatih memecahkan masalah di lapangan, peningkatan ketrampilan, tanggung jawab, kemandirian, dan mengembangkan kompetensi sesuai dengan bidangnnya. Secara umum pelaksanaan kegiatan PPL berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana. Jenis kegiatan PPL ada dua yaitu, mengajar dan non mengajar. Program mengajar juga terdapat dua jenis yaitu, mengajar terbimbing dan mengajar mandiri. Program mengajar terbimbing dilakukan empat kali selama kegiatan PPL dan dilakukan di kelas tinggi dan kelas rendah. Program kegiatan non mengajar terdiri dari pengelolaan mading, pengelolaan perpustakaan, pengelolaan laboratorium IPA, pengelolaan ruang olahraga, pengajian rutin hari jumat, program HUT RI ke 71, Program HAORNAS, membantu dalam akreditasi sekolah, pengadaan poster, piket, upacara bendera, senam bersama. Dari pelaksanaan kegiatan PPL di SD Negeri Sendanngadi 1 maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan diri di bidang pendidikan, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang didapatkan dalam perkuliahan dan dapat mempererat hubungan antara UNY dan sekolah terkait.