%0 Report %9 Project Report %A Tiza Ariesta Saputri, Tiza Ariesta Saputri %D 2016 %F UNY:46400 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PPL, praktik mengajar, SD Negeri Sendangadi 1. %T Laporan Akhir Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) SD NEGERI SENDANGADI 1 %U http://eprints.uny.ac.id/46400/ %X Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SD Negeri Sendangadi berlangsung mulai tanggal 18 Juli sampai dengan 15 September 2016. Dengan kegiatan PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Pelaksanaan kegiatan PPL berjalan baik sesuai dengan rencana. Bentuk pelaksanaan kegiatan PPL terdiri dari tiga jenis, yaitu praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, dan ujian praktik mengajar. Praktik mengajar terbimbing dilakukan empat kali, praktik mengajar mandiri dilakukan empat kali dan ujian praktik mengajar dilakukan dua kali. Masing-masing jenis praktik mengajar dilakukan di kelas rendah dan kelas tinggi. Program kegiatan non-mengajar terdiri dari kegiatan membantu proses persiapan akreditasi sekolah, pengelolaan perpustakaan, pengelolaan madding (majalah dinding), piket, upacara bendera, program HUT RI ke- 71 dan program HAORNAS (Hari Olahraga Nasional). Dari pelaksanaan kegiatan PPL di SD Negeri Sendangadi 1 maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari ke dalam proses pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.