%A Damayanti Pinasthi %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, proses dan evaluasi pembelajaran keterampilan pra-vokasional memasak pada dua siswa autistik jenjang SMALB di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu dua siswa autistik kelas XII SMALB dan satu guru pendamping pembelajaran sebagai informan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan pra-vokasional memasak pada siswa autistik terdiri dari: 1) Persiapan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu menentukan tujuan pembelajaran berpedoman pada hasil asesemen kemampuan pra-vokasional memasak; menentukan materi pembelajaran dengan pedoman buku Tata Boga Sekolah Menengah Kejuruan yang materinya disederhanakan sehingga diperoleh materi antara lain menjaga kebersihan, mengenal bahan dan peralatan, cara menggunakan peralatan dan teknik memasak yaitu menggoreng dan merebus. 2) Proses pembelajaran keterampilan pra-vokasional memasak terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup yang dilakukan oleh guru dan siswa autistik. Hasil menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan pra-vokasional memasak antara subyek VA dan GN. 3) Evaluasi dilakukan dengan cara observasi keterampilan pra-vokasional memasak pada siswa autistik dan tes lisan. %L UNY46397 %I Universitas Negeri Yogyakarta %D 2016 %T PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PRA-VOKASIONAL MEMASAK PADA SISWA AUTISTIK DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA