%I Universitas Negeri Yogyakarta %D 2017 %T KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN FOTO DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL %K Foto, pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu Bantul antara yang diajar menggunakan foto dan yang diajar menggunakan media konvensional dan (2) keefektifan penggunaan foto dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Penelitian ini adalah quasi experiment dengan pre-post test control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu Bantul yang berjumlah 150 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, diperoleh kelas X1 MIA 2 ( 32 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 MIA 3 ( 29 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung sebesar 3,049 lebih besar dari ttabel sebesar 2,003 dengan taraf signifikansi α= 0,05 dan db 59. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas X1 SMA Negeri 1 Sedayu Bantul antara kelas yang diajar dengan menggunakan foto dan kelas yang diajar menggunakan media konvensional. Hasil post-test kedua kelompok menunjukkan bahwa rerata kelompok eksperimen sebesar 83,93 sedangkan kelompok kontrol sebesar 78,36 dan bobot keefektifan 8,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan foto dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu Bantul lebih efektif daripada penggunaan media konvensional. %A Erlis Leo Paramita %L UNY46396