TY - THES Y1 - 2017/01/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) keterampilan berbicara bahasa Jerman dan (2) keaktifan peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA N 1 Temanggung melalui media gambar berseri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Strategi yang diterapkan ditentukan bersama secara kolaboratif oleh peneliti, guru dan peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA N 1 Temanggung yang terdiri dari 34 peserta didik. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, catatan lapangan dan tes keterampilan berbicara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berbicara dan keaktifan peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA N 1 Temanggung. Peningkatan nilai rata-rata keterampilan berbicara peserta didik sebesar 12,06% dan keaktifan peserta didik sebesar 84,57% A1 - Dian, Kharisma Pertiwi PB - Universitas Negeri Yogyakarta TI - UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 TEMANGGUNG MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI AV - public KW - Gambar Berseri KW - Keterampilan Berbicara M1 - skripsi ID - UNY46386 UR - http://eprints.uny.ac.id/46386/ ER -