%0 Thesis %9 S1 %A Irsyad, Maulana Malik %B FMIPA %D 2016 %F UNY:46380 %I UNY %P 263 %T ANALISIS MISKONSEPSI SISTEM GERAK PADA BUKU BIOLOGI KELAS XI SMA DI KOTA YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/46380/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: mengidentifikasi jenis miskonsepsi sistem gerak berdasarkan kategori menurut Hershey (2005) dan mengetahui tingkatan masing-masing kategori miskonsepsi sistem gerak yang terdapat pada buku biologi SMA di Kotamadya Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten. Populasi penelitian ini adalah 3 buku teks biologi kurikulum 2013 yang digunakan oleh SMA di Kotamadya Yogyakarta dengan sampel yang ditentukan dengan cara sensus. Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini beupa konsep teks dan gambar yang memuat konsep sistem gerak manusia. Analisis miskonsepsi berdasarkan 5 kategori yaitu misidentification, oversimplification, overgeneralization, undergeneralization, dan obsolete concepts and terms dilakukan oleh 3 panelis yang memenuhi kriteria. Data yang diperoleh diuji keandalannya dengan uji keandalan α Krippendorf dan dianalisis secara deskriptif dengan menghitung persentase masing-masing kategori miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat miskonsepsi pada buku biologi SMA di Kotamadya Yogyakarta yaitu sebesar 8,63% misidentification. 13,37% oversimplification, 5,78% overgeneralization, dan 0,31% undergeneralization. Jenis miskonsepsi yang paling banyak ditemukan adalah oversimplification yaitu sebesar 13,37% . Kata kunci: analisis konten, miskonsepsi, sistem gerak.