%L UNY46371 %X Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui unjuk kerja media pembelajaran interaktif dasar dan pengukuran listrik program keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif dasar dan pengukuran listrik program keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik, dan (3) mengetahui penilaian respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif dasar dan pengukuran listrik program keahlian teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE untuk pengembangan materi media pembelajaran interaktif dan model Waterfall untuk mengembangkan perangkat lunak media pembelajaran interaktif. Instrumen yang digunakan angket dengan empat pilihan jawaban untuk ahli dan untuk siswa. Validitas yang digunakan untuk instrumen menggunakan validitas konstruk dengan hasil “Layak digunakan”. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) penilaian unjuk kerja media pembelajaran interaktif dasar dan pengukuran listrik diperoleh rerata nilai 100 yang dikategorikan “Sangat Baik”, (2) kelayakan materi media pembelajaran interaktif dasar dan pengukuran listrik ditinjau dari ahli materi diperoleh rerata nilai sebesar 79,17 yang dikategorikan “Sangat Layak”, kelayakan perangkat lunak media pembelajaran interaktif ditinjau dari ahli media diperoleh rerata nilai sebesar 69,44 yang dikategorikan “Layak”, dan (3) penilaian respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif dasar dan pengukuran listrik diperoleh rerata nilai sebesar 85,07 yang dikategorikan “Sangat Layak”. Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, ADDIE, Waterfall, Dasar dan Pengukuran Listrik %A Wahyu Her %I UNY %D 2016 %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK