<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengaruh Metode Eksplorasi dan Metode Eksperimen terhadap Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 3 Yogyakarta"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh metode eksplorasi dan metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains, (2) mengetahui pengaruh metode eksplorasi dan metode eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis, (3) mengetahui pengaruh metode eksplorasi dan metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis.\r\n\tPenelitian ini merupakan quasi-experimental research dengan menggunakan equivalent group design untuk keterampilan proses sains, dan non-equivalent group design untuk kemampuan berpikir kritis. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta. Sampel penelitian yang ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, adalah kelas X IPA 2 sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas eksplorasi, kelas X IPA 3 sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas eksplorasi-eksperimen, serta kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 peserta didik. Data hasil keterampilan proses sains diperoleh dari hasil observasi performansi peserta didik, sedangkan data berpikir kritis diperoleh dari pretest dan posttest. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan soal pretest-posttest masing-masing sebanyak tujuh butir soal. Analisis butir soal baik validitas maupun reliabilitas dengan menggunakan QUEST. Hasilnya semua item valid karena suatu item dikatakan fit dengan model ketika berada pada batas kisaran INFIT MNSQ ≥0.77 sampai ≤1.30, sedangkan nilai reliabilitas pretest-posttest masing-masing adalah 0.45 dan 0.42. Hipotesis penelitian untuk keterampilan proses sains dianalisis dengan menggunakan ANOVA, kemampuan berpikir kritis dianalisis dengan menggunakan ANCOVA, dan analisis data untuk keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis menggunakan MANOVA.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang"^^ . "2016-12-30" . . . "UNY"^^ . . . "Program Pascasarjana, UNY"^^ . . . . . . . . . "Ika Yunita"^^ . "Purwaningsih"^^ . "Ika Yunita Purwaningsih"^^ . . . . . . "Pengaruh Metode Eksplorasi dan Metode Eksperimen terhadap Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 3 Yogyakarta (Text)"^^ . . . "tesis-ika-yunita-purwaningsih-14725251029.swf"^^ . . "HTML Summary of #46338 \n\nPengaruh Metode Eksplorasi dan Metode Eksperimen terhadap Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 3 Yogyakarta\n\n" . "text/html" . . . "Biologi"@en . .