%0 Thesis %9 S2 %A Pare, Yohanes Paulus %B Program Pascasarjana %D 2010 %F UNY:46317 %I UNY %K motivasi kerja, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kinerja guru, sains %T Kontribusi Motivasi Kerja, Kompetensi Kepribadian, dan Kompetensi Sosial terhadap Kinerja Guru Sains SMP di Kabupaten Ende %U http://eprints.uny.ac.id/46317/ %X Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar (1) kontribusi motivasi kerja guru terhadap kinerja guru sains SMP di kabupaten Ende, (2) kontribusi kompetensi kepribadian guru terhadap kinerja guru sains SMP di Kabupaten Ende, (3) kontribusi kompetensi sosial guru terhadap kinerja sains SMP di Kabupaten Ende, (4) kontribusi motivasi kerja, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial secara bersama-sama terhadap kinerja guru sains SMP di Kabupaten Ende. Jenis Penelitian adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru sains SMP di Kabupaten Ende. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik two stage random sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 51 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan observasi, sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi kerja memberi kontribusi yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru sains SMP di Kabupaten Ende sebesar 0,552 atau 55,2%, (2) kompetensi kepribadian memberi kontribusi yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru sains SMP di Kabupaten Ende sebesar 0,568 atau 56,8%, (3) kompetensi sosial memberi kontribusi yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru sains SMP di Kabupaten Ende sebesar 0,607 atau 60,7%, (4) motivasi kerja, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial secara bersama-sama memberi kontribusi yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru sains SMP di Kabupaten Ende sebesar 0,607 atau 60,7% dan sisanya 39,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Uji signifikansi menunjukkan nilai F hitung = 26,735, lebih besar dari F tabel (95%,3, 47) = 2,812.