%T Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Film dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar Pkn di SMP Negeri 2 Wates. %D 2016 %I UNY %L UNY46263 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn di SMP Negeri 2 Wates dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media film pada Standar Kompetensi 2 yaitu: memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus yang dilakukan dengan tahapan-tahapan: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Analisis data mengikuti langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II dan ke siklus III baik pada ranah kognitif, afektif, maupun psikomotor. Hasil belajar kognitif menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa 74,38 pada siklus I meningkat menjadi 75 pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 85,42 pada siklus III. Hasil belajar ranah afektif menunjukkan rata-rata skor 15,25 (76,25) pada siklus I, yang meningkat menjadi 17,17 (85,85) pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 18,33 (91,65) pada siklus III. Hasil belajar ranah psikomotor menunjukkan rata-rata skor 19,40 (80,83) pada siklus I meningkat menjadi 21,20 (88,33), dan meningkat lagi menjadi 21,60 (90) pada siklus III. Sehingga dapat disimpulkan dari penelitian ini, bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match berbantuan media film dapat meningkatan hasil belajar PKn siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Wates tahun ajaran 2015/2016. Hal ini berarti, model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media film dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran PKn. %A Nurjanah Nurjanah %K Pembelajaran kooperatif, media film, hasil belajar,Pendidikan Kewarganegaraan