eprintid: 46250 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1278 dir: disk0/00/04/62/50 datestamp: 2017-01-20 04:18:37 lastmod: 2019-01-30 12:56:54 status_changed: 2017-01-20 04:18:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Eko, Widayanto title: PENGARUH PENGGUNAAN MODUL MENGELAS DENGAN PROSES LAS OKSI-ASETILEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: G8 divisions: ft_jurdik_mesin_pend_mesin full_text_status: public abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pengelasan Dasar dengan menggunakan Modul Mengelas Dengan Proses Las Oksi-Asetilen pada kelas X TPM SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dan (2) mengetahui perbedaan Prestasi belajar siswa antara kelompok Eksperimen dan kelompok Kontrol. Penelitian ini penelitian quasi experimen dengan desain non equivalent control group. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X.1 dan X.2 program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Kelas X.1 sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Tes yang digunakan telah divalidasi. Hasil analisis menunjukan siswa yang mengunakan Modul Mengelas Dengan Proses Las Oksi-Asetilen mengalami peningkatan prestasi belajar sebesar 12.75%, sedangkan pada siswa yang menggunakan media papan tulis meningkat 3.86%. Hasil tersebut menunjukan Modul Mengelas Dengan Proses Las Oksi- Asetilen membantu meningkatkan prestasi belajar lebih tinggi dibanding media papan tulis pada meteri pelajaran pengelasan dasar di kelas X TPM SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Kata kunci: pengaruh, modul mengelas dengan proses las oksi-asetilen, prestasi belajar date: 2016-12 date_type: published institution: UNY department: Fakultas Teknik thesis_type: skripsi citation: Eko, Widayanto (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL MENGELAS DENGAN PROSES LAS OKSI-ASETILEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/46250/1/SKRIPSI.pdf