%L UNY46245 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi teknis bidang pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada periode 2013-2015 dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan asumsi Variabel Return to Scale (VRS). Pendekatan minimasi input digunakan untuk mengukur efisiensi teknis biaya, sedangkan pendekatan maksimasi output digunakan untuk mengukur efisiensi teknis sistem. Pada pengukuran efisiensi teknis biaya, penelitian ini menggunakan alokasi pendidikan perkapita murid sebagai variabel input serta rasio guru murid, rasio kelas murid, dan angka partisipasi murni sebagai variabel outputnya. Sedangkan pada pengukuran efisiensi teknis sistem, penelitian ini menggunakan rasio guru murid, rasio kelas murid, dan angka partisipasi murni sebagai variabel input, serta nilai hasil ujian nasional sebagai variabel outputnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penyelenggaraan pendidikan selama tiga tahun di provinsi DIY, terjadi inefisiensi teknis biaya maupun sistem pada setiap jenjang pendidikan. Meskipun demikian, Kota Yogyakarta memperoleh skor efisiensi sempurna pada pengukuran efisiensi teknis biaya dan teknis sistem selama tiga tahun untuk semua jenjang pendidikan. Kata kunci : Pendidikan, Data Envelopment Analysis (DEA), Efisiensi Teknis %A Handayani Handayani %I Fakultas Ekonomi %D 2016 %T ANALISIS EFISIENSI TEKNIS BIDANG PENDIDIKAN DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA