@phdthesis{UNY46239, author = {Fauziqurahman Reza}, title = {KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG DALAM PEMBELAJARAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO}, month = {December}, year = {2016}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, keywords = {Media permainan teka-teki silang, penguasaan kosakata}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo antara yang diajar dengan menggunakan media permainan teka-teki silang dan yang diajar dengan media konvesional, (2) keefektifan penggunaan media permainan teka-teki silang dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pre- post-test control group design.Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo sebanyak 96 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPS 1 (25 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 (23 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik pada pre-test dan post-test. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan thitung = 2,494 lebih besar dari ttabel = 2,009 dengan taraf signifikansi = 0,05 dan db = 46. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas XI antara yang diajar dengan menggunakan media permainan teka-teki silang dan yang diajar dengan media konvensional. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 77,20 lebih besar dari kelas kontrol yaitu71,63 dengan bobot keefektifan sebesar 8,8\%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan teka-teki silangdalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo lebih efektif daripada penggunaan media konvensional.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/46239/} }