@inproceedings{UNY46211, booktitle = {pembelajaran sejarah}, title = {Meningkatkan Rasa Solidaritas Kebangsaan Siswa melalui Pendekatan Relasi Antar Etnis dalam Pembelajaran Sejarah}, author = {Wahyu Pambudi, S.Pd. Wahyu Pambudi, S.Pd. and Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd., M.Hum Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd., M.Hum and Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd}, abstract = {Nasionalisme atau rasa kebangsaan adalah motif utama mengajarkan mata pelajaran sejarah Indonesia di sekolah, namun tidak jarang tujuan itu tidak nampak secara jelas diusahakan secara sadar dan terencana sebagai tujuan intruksional dalam pembelajaran sejarah Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran sejarah Indonesia berbasis relasi antar etnis yang didesain untuk meningkatkan rasa solidaritas kebangsaan siswa. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dan diuji-cobakan pada siswa SMAN 1 Kota Kediri. Pada tahap uji efektifitas model, hasil uji-t antar kelompok (independent samples t-test) terhadap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan t. 2,398, dengan sig. 0,019. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran sejarah Indonesia berbasis relasi antar etnis efektif untuk meningkatkan rasa solidaritas kebangsaan siswa. Kata Kunci: pembelajaran sejarah, relasi antar etnis, solidaritas kebangsaan siswa}, keywords = {prosiding}, url = {http://eprints.uny.ac.id/46211/} }