TY - RPRT A1 - DIAN SETYANA, DIAN SETYANA PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta N2 - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan kedalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun non formal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan bekal mengajar secara operasional di sekolah, sehinggga mahasiswa tidak hanya belajar secara teoritis saja. Kegiatan PPL dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 18 Juli 2016 sampai 15 September 2016 di SMAN 1 KALASAN dapat bermanfaat bagi semua pihak, baik sekolah, perguruan tinggi, maupun mahasiswa. Kegiatan atau program PPL yang dilaksanakan antara lain; melaksanakan pembelajaran langsung di kelas, pembuatan perangkat pembelajaran, serta pemberian tugas kepada peserta didik.Dalam kegiatan PPL di SMAN 1 KALASAN , penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar mata pelajaran Tari Kandagan di delapan kelas yaitu kelas XII MIPA 1-XI MIPA 5 DAN KELAS XII IPS 1 - XII IPS 3 Mahasiswa melakukan praktek mengajar TarI Kandagan , setiap hari Selasa jam ke 1-2 untuk kelas XI MIPA 2, jam 3-4 kelas XII MIPA 3, jam 6-7 kelas XII IPS 2. Hari Rabu jam ke 1-2 untuk kelas XII MIPA 3, jam 3-4 kelas XII MIPA 1, jam 5-6 kelas XII MIPA 4, dan hari Kamis jam ke 3-4 untuk kelas XII MIPA 5, jam 5-6 kelas XII IPS 1. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, pengetahuan penerapan kurikulum baru, proses pembelajaran, pengolahan kelas, cara mengevaluasi hasil belajar, dan pengelolaan hasil belajar. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Y1 - 2016/// UR - http://eprints.uny.ac.id/46168/ TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 KALASAN Bogem, Tamanmartani, Kalasan, Sleman AV - public KW - PPL KW - Pembelajaran KW - Peserta Didik ID - UNY46168 M1 - project_report ER -