<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING\r\nBERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DI SMK N 1 PUNDONG"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa pada\r\nmata pelajaran PKDLE dengan metode PBL berbantuan multimedia\r\npembelajaran; (2) hasil belajar pada siswa mata pelajaran PKDLE dengan\r\nmetode ceramah dengan powerpoint; (3) efektivitas menggunakan metode\r\nProblem Based Learning berbantuan multimedia pembelajaran dan metode\r\nceramah dengan powerpoint dalam kegiatan pembelajaran PKDLE;(4) perbedaan\r\nkelompok siswa yang mengikuti pembelajaran PBL berbantuan multimedia\r\npembelajaran, hasil belajar setelah perlakuan lebih tinggi dibandingkan hasil\r\nbelajar sebelum perlakuan;(5) perbedaan kelompok siswa yang mengikuti\r\npembelajaran ceramah dengan media powerpoint, hasil belajar setelah perlakuan\r\nlebih tinggi dibandingkan hasil belajar sebelum perlakuan; (6) perbedaan hasil\r\nbelajar kelompok siswa yang mengikuti PBL berbantuan multimedia\r\npembelajaran lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelompok siswa yang\r\nmengikuti pembelajaran ceramah dengan media powerpoint.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen non equivalent\r\ncontrol group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas X A dan X B TITL di\r\nSMK N 1 Pundong sebanyak 59 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan\r\ntes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji independent sample t test,\r\ndan paired sample t tes.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa kelas yang\r\ndiajar metode PBL berbantuan multimedia pembelajaran yaitu nilai rata-rata\r\nantara pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 29,16; (2) hasil\r\nbelajar siswa yang diajar dengan metode ceramah dengan powerpoint yaitu nilai\r\nrata-rata antara pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 25,56; (3)\r\nefektivitas menggunakan metode Problem Based Learning berbantuan\r\nmultimedia pembelajaran mempunyai skor gain 0,56 termasuk dalam kategori\r\nsedang dan metode ceramah dengan powerpoint mempunyai skor gain 0,52\r\ntermasuk kategori sedang; (4) kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran PBL\r\nberbantuan multimedia pembelajaran, hasil belajar setelah perlakuan lebih tinggi\r\ndibandingkan hasil belajar sebelum perlakuan; (5) kelompok siswa yang\r\nmengikuti pembelajaran ceramah dengan media powerpoint, hasil belajar setelah\r\nperlakuan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar sebelum perlakuan; (6) hasil\r\nbelajar kelompok siswa yang mengikuti PBL berbantuan multimedia\r\npembelajaran tidak lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelompok siswa yang\r\nmengikuti pembelajaran ceramah dengan media powerpoint.\r\nKata kunci : Problem Based Learning, multimedia pembelajaran, hasil belajar"^^ . "2016" . . . "UNY"^^ . . . "Fakultas Teknik, UNY"^^ . . . . . . . . . "Nurkholif"^^ . "Emi"^^ . "Nurkholif Emi"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING\r\nBERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DI SMK N 1 PUNDONG (Text)"^^ . . . "Skripsi Emi Nurkholif.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING\r\nBERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DI SMK N 1 PUNDONG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING\r\nBERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DI SMK N 1 PUNDONG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING\r\nBERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DI SMK N 1 PUNDONG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING\r\nBERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DI SMK N 1 PUNDONG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING\r\nBERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DI SMK N 1 PUNDONG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #46130 \n\nEFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING \nBERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DI SMK N 1 PUNDONG\n\n" . "text/html" . . . "Teknik Elektro" . .