%0 Thesis %9 S1 %A Emi, Nurkholif %B Fakultas Teknik %D 2016 %F UNY:46130 %I UNY %T EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DI SMK N 1 PUNDONG %U http://eprints.uny.ac.id/46130/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKDLE dengan metode PBL berbantuan multimedia pembelajaran; (2) hasil belajar pada siswa mata pelajaran PKDLE dengan metode ceramah dengan powerpoint; (3) efektivitas menggunakan metode Problem Based Learning berbantuan multimedia pembelajaran dan metode ceramah dengan powerpoint dalam kegiatan pembelajaran PKDLE;(4) perbedaan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran PBL berbantuan multimedia pembelajaran, hasil belajar setelah perlakuan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar sebelum perlakuan;(5) perbedaan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran ceramah dengan media powerpoint, hasil belajar setelah perlakuan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar sebelum perlakuan; (6) perbedaan hasil belajar kelompok siswa yang mengikuti PBL berbantuan multimedia pembelajaran lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran ceramah dengan media powerpoint. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen non equivalent control group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas X A dan X B TITL di SMK N 1 Pundong sebanyak 59 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji independent sample t test, dan paired sample t tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa kelas yang diajar metode PBL berbantuan multimedia pembelajaran yaitu nilai rata-rata antara pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 29,16; (2) hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ceramah dengan powerpoint yaitu nilai rata-rata antara pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 25,56; (3) efektivitas menggunakan metode Problem Based Learning berbantuan multimedia pembelajaran mempunyai skor gain 0,56 termasuk dalam kategori sedang dan metode ceramah dengan powerpoint mempunyai skor gain 0,52 termasuk kategori sedang; (4) kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran PBL berbantuan multimedia pembelajaran, hasil belajar setelah perlakuan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar sebelum perlakuan; (5) kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran ceramah dengan media powerpoint, hasil belajar setelah perlakuan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar sebelum perlakuan; (6) hasil belajar kelompok siswa yang mengikuti PBL berbantuan multimedia pembelajaran tidak lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran ceramah dengan media powerpoint. Kata kunci : Problem Based Learning, multimedia pembelajaran, hasil belajar