<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PRAKTIKUM MATA PELAJARAN\r\nPEMROGRAMAN WEB SISWA KELAS X\r\nSMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perbedaan hasil belajar\r\npemrograman web yang pembelajarannya menggunakan metode contextual teaching and\r\nlearning dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional kelas X\r\njurusan rekayasa perangkat lunak di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. (2) efektivitas model\r\npembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar pemrograman web\r\nsiswa kelas X jurusan rekayasa perangkat lunak di SMK Muhammadiyah 1 Bantul.\r\nMetode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.\r\nDesain eksperimen yang dipakai adalah desain dengan kelompok kontrol menggunakan\r\npretest dan posttest, dilakukan pada siswa kelas X jurusan rekayasa perangkat lunak di\r\nSMK Muhammadiyah 1 Bantul yaitu kelas X RPL 1 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas\r\neksperimen dan kelas X RPL 2 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Kelompok\r\neksperimen diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan metode Contextual Teaching\r\nand Learning (CTL) dan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional pada mata\r\npelajaran pemrograman web. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda (uji-t)\r\nuntuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan uji N-gain untuk mengetahui tingkat\r\nefektivitas.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa\r\njurusan rekayasa perangkat lunak pada mata pelajaran pemrograman web di SMK\r\nMuhammadiyah 1 Bantul antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan\r\nperolehan rata-rata hasil belajar posttest kelas eksperimen sebesar 74,1 dan kelas kontrol\r\nsebesar 59,3 hasil ini juga didukung hasil perhitungan uji-t menghasilkan nilai signifikansi\r\nsebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha\r\nditerima; (2) pembelajaran dengan menggunakan CTL cukup efektif digunakan kelas X\r\njurusan rekayasa perangkat lunak dalam mata pelajaran pemrograman web di SMK\r\nMuhammadiyah 1 Bantul. Hal ini terbukti dari perolehan rata-rata skor N-gain, yaitu sebesar\r\n57% untuk kelas eksperimen yang termasuk dalam kategori cukup efektif.\r\nKata Kunci: perbedaan, hasil belajar, efektivitas, contextual teaching and learning (CTL),\r\npemrograman web"^^ . "2016" . . . "Fakultas Teknik"^^ . . . "Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik"^^ . . . . . . . . . "Arini"^^ . "Wulantika"^^ . "Arini Wulantika"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PRAKTIKUM MATA PELAJARAN\r\nPEMROGRAMAN WEB SISWA KELAS X\r\nSMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL (Text)"^^ . . . "SKRIPSI.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PRAKTIKUM MATA PELAJARAN\r\nPEMROGRAMAN WEB SISWA KELAS X\r\nSMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PRAKTIKUM MATA PELAJARAN\r\nPEMROGRAMAN WEB SISWA KELAS X\r\nSMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PRAKTIKUM MATA PELAJARAN\r\nPEMROGRAMAN WEB SISWA KELAS X\r\nSMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PRAKTIKUM MATA PELAJARAN\r\nPEMROGRAMAN WEB SISWA KELAS X\r\nSMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PRAKTIKUM MATA PELAJARAN\r\nPEMROGRAMAN WEB SISWA KELAS X\r\nSMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #46116 \n\nEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PRAKTIKUM MATA PELAJARAN \nPEMROGRAMAN WEB SISWA KELAS X \nSMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL\n\n" . "text/html" . . . "Teknologi Informasi"@en . .