@unpublished{UNY46116, author = {Arini Wulantika}, title = {EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PRAKTIKUM MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL}, year = {2016}, school = {Fakultas Teknik}, url = {http://eprints.uny.ac.id/46116/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perbedaan hasil belajar pemrograman web yang pembelajarannya menggunakan metode contextual teaching and learning dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional kelas X jurusan rekayasa perangkat lunak di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. (2) efektivitas model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar pemrograman web siswa kelas X jurusan rekayasa perangkat lunak di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain eksperimen yang dipakai adalah desain dengan kelompok kontrol menggunakan pretest dan posttest, dilakukan pada siswa kelas X jurusan rekayasa perangkat lunak di SMK Muhammadiyah 1 Bantul yaitu kelas X RPL 1 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X RPL 2 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran pemrograman web. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda (uji-t) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan uji N-gain untuk mengetahui tingkat efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa jurusan rekayasa perangkat lunak pada mata pelajaran pemrograman web di SMK Muhammadiyah 1 Bantul antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan perolehan rata-rata hasil belajar posttest kelas eksperimen sebesar 74,1 dan kelas kontrol sebesar 59,3 hasil ini juga didukung hasil perhitungan uji-t menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima; (2) pembelajaran dengan menggunakan CTL cukup efektif digunakan kelas X jurusan rekayasa perangkat lunak dalam mata pelajaran pemrograman web di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Hal ini terbukti dari perolehan rata-rata skor N-gain, yaitu sebesar 57\% untuk kelas eksperimen yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Kata Kunci: perbedaan, hasil belajar, efektivitas, contextual teaching and learning (CTL), pemrograman web} }