TY - CONF ID - UNY46092 UR - http://eprints.uny.ac.id/46092/ AV - public TI - MEMBENTUK KEWARGANEGARAAN DIGITAL YANG BERKARAKTER MELALUI PENDIDIKAN A1 - Akhwani, Akhwani N2 - Kewarganegaraan digital menjadi isu hangat belakangan ini. Munculnya baragam jejaring sosial dan aplikasi seakan membuat kehidupan manusia terbagi antara dunia nyata dan dunia digital. Cukup dengan gadget anak dengan mudah mendapatkan informasi dan hiburan. Bahkan mulai bangun tidur sampai menjelang tidur, gadget tidak lepas dari genggaman anak. Dampaknya banyak waktu yang dihabiskan di dalam dunia digital. Mereka tidak menyadari bahwa tidak semua yang berada di dunia digital layak dikonsumsi, jejak digital yang ditinggalkan juga bisa menimbulkan risiko yang membahayakan. Cyberbullying, sexting, penipuan, pembajakan merupakan contoh kejahatan di era digital. Sementara itu orang tua sebagai imigran digital belum bisa memberikan pengawasan secara intens. Pendidikan berperan penting dalam mengajarkan kewarganegaraan digital di sekolah supaya siswa dapat belajar bagaimana menjadi warga negara digital yang sopan, bertanggung jawab dan terdidik. Ada sembilan elemen digital yang bisa digunakan untuk membentuk warga negara digital yang berkarakter. Sembilan elemen tersebut adalah akses digital, komunikasi digital, kecakapan digital, perlindungan digital, etika digital, hak & tanggung jawab digital, hukum digital, kesehatan digital dan perdagangan digital. Sebagai digital natif siswa harus dipersiapkan menjadi warga negara digital yang berkarakter. Jangan sampai persamalahan besar tentang digital muncul, baru sadar akan pentingnya mengajarkan kewarganegaraan digital. Kata kunci: Kewarganegaran Digital, karakter, pendidikan. T2 - Kewarganegaran Digital Y1 - 2016/// KW - Prosiding ER -