%L UNY46084 %X Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku pengayaan kimia asam basa untuk peserta didik SMA/MA kelas XI berdasarkan kurikulum 2013 sebagai sumber belajar mandiri, serta mengetahui kualitas buku pengayaan ditinjau dari komponen isi, penyajian serta bahasa dan gambar berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA/MA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural. Prosedur pengembangan meliputi 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian. Buku pengayaan kimia asam basa memuat 7 bab materi kimia asam basa. Produk awal ditinjau oleh 3 peer reviewer, 1 dosen kimia yang bertindak sebagai ahli materi sekaligus ahli media. Produk akhir dinilai oleh 5 reviewer, yaitu guru kimia SMA/MA di Kulon Progo. Penilaian dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian yang terdiri dari 3 komponen penilaian, 12 butir penilaian, dan 24 kriteria penilaian. Data yang dihasilkan berupa data kualitas buku pengayaan kimia asam basa. Hasil penelitian berupa buku pengayaan kimia asam basa. Berdasarkan penilaian 5 reviewer, buku pengayaan ini mempunyai kualitas sangat baik dengan skor rata-rata 4,23 dan persentase keidealan 84,5 %. Dengan demikian buku pengayaan kimia asam basa ini layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik SMA/MA. %A Ratri Panggih Pangastuti %T PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KIMIA ASAM BASA UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY %D 2016