%0 Thesis %9 S1 %A Suryanto, - %B Pendidikan Kimia %D 2016 %F UNY:46023 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY %T PENGEMBANGAN MIND-MAP-BOOK IKATAN KIMIA UNTUK MEMBANGUN KONSEP AWAL MELALUI BELAJAR MANDIRI BAGI SISWA SMA/MA %U http://eprints.uny.ac.id/46023/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan mind-map-book ikatan kimia untuk membangun konsep awal melalui belajar mandiri bagi siswa SMA/MA dan menentukan kualitas produk yang telah dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, yang diadaptasi menjadi 4 tahap dari 5 tahap yang ada. Produk awal media diberi masukan oleh dosen pembimbing, peer reviewer, ahli materi, dan ahli media, untuk selanjutnya dilakukan revisi. Instrumen penilaian kualitas produk berupa angket berisi 5 aspek, yang dijabarkan dalam 27 indikator penilaian. Kualitas produk ditentukan berdasarkan penilaian oleh 5 guru kimia di Kabupaten Bantul. Produk mind-map-book ikatan kimia untuk membangun konsep awal melalui belajar mandiri bagi siswa SMA/MA mempunyai kualitas sangat baik (SB) dengan skor rata-rata (X̅) 112,2 dari skor maksimal 1 35. Skor tersebut berada pada kriteria sangat baik, yaitu X̅ > 110,4. Oleh karena itu, produk ini layak digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa.