@inproceedings{UNY46017, year = {2016}, title = {IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH TERINTEGRASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL}, author = {Susilo Setyo Utomo Susilo Setyo Utomo}, booktitle = {Pembelajaran Sejarah}, abstract = {Indonesia adalah negeri yang kaya keberagaman budaya, bahasa, agama, suku, dan etnis. Disorientasi, dislokasi dan krisis sosial-budaya di kalangan masyarakat kita semakin merebak dengan meningkatnya penetrasi dan ekspansi budaya Barat sebagai akibat proses globalisasi yang terus tidak terbendung Pendidikan multikultural telah diperkenalkan oleh para akademisi sebagai solusi dalam menghadapi permasalahan kehidupan berbangsa yang dialami Indonesia. Kekerasan terhadap etnis Tionghoa di Jakarta pada Mei 1998, perang antar agama Islam dan Kristen di Maluku Utara, Ambon, dan Poso, perang antara etnis Dayak dengan Madura merupakan tragedi kemanusiaan yang tidak boleh terulang kembali. Berangkat dari permasalahan tersebut pendidikan sejarah ikut mengambil perannya untuk mengimplementasikan pembelajaran sejarah terintegrasi pendidikan multikultural dalam pembelajarannya. Tulisan ini bertujuan untuk mengungkap implementasi pembelajaran sejarah terintegrasi pendidikan multikultural. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis wacana kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran sejarah terintegrasi pendidikan multikultural dapat dilaksanakan melalui: (1) Pembelajaran sejarah berbasis keunggulan lokal artinya disini terkait dengan sejarah lokal suatu daerah; (2) Mengembangkan strategi pembelajaran sejarah; (3) Relevansi Pendidikan sejarah dengan Dunia nyata Peserta didik. Kata Kunci: Pendidikan Multikultural, Pembelajaran Sejarah, Strategi Pembelajaran}, keywords = {Prosiding}, url = {http://eprints.uny.ac.id/46017/} }