eprintid: 46004 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/04/60/04 datestamp: 2017-01-18 01:54:10 lastmod: 2019-01-30 12:51:59 status_changed: 2017-01-18 01:54:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hana Fauziah, Sofyani corp_creators: Guntur title: FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLAVOLI MINI SISWA KELAS V DAN VI DI SD N PAKEM TAMANMARTANI KALASAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017 ispublished: pub subjects: olahraga subjects: or_pkr divisions: fik_olahraga_pjkr full_text_status: public keywords: siswa SD, bolavoli mini, pendukung, pembelajaran abstract: Hakikat pembelajaran permainan bolavoli di sekolah dasar adalah dengan melakukan permainan sederhana. Tetapi, siswa kelas V dan VI di SD N Pakem Tamanmartani Kalasan sudah dapat bermain permainan bolavoli mini dengan peraturan yang sebenarnya. Hal tersebut tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor pendukung pembelajaran permainan bolavoli mini siswa kelas V dan VI di SD N Pakem Tamanmartani Kalasan Sleman tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan instrumen penelitian berupa angket. Validitas instrumen diuji menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan reliabilitas instrumen diuji menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan menuangkan frekuensi dalam bentuk persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dan VI di SD N Pakem yang berjumlah 46 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung pembelajaran permainan bolavoli mini siswa kelas V dan VI di SD N Pakem Tamanmartani Kalasan Sleman Tahun Ajaran 2016/2017 terdiri dari faktor internal yang meliputi: jasmani, psikologi dan kelelahan dan faktor eksternal yang meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Faktor internal tergolong dalam kategori tinggi (34,8%), sedangkan faktor eksternal tergolong dalam kategori sedang (43,5%). Hasil secara keseluruhan adalah 6,5% (3 siswa) dalam kategori sangat tinggi, 28,3% (13 siswa) dalam kategori tinggi, 32,6% (15 siswa) dalam kategori sedang, 26,1% (12 siswa) dalam kategori rendah dan 6,5% (3 siswa) dalam kategori sangat rendah. date: 2016 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan department: Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi thesis_type: skripsi citation: Hana Fauziah, Sofyani (2016) FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLAVOLI MINI SISWA KELAS V DAN VI DI SD N PAKEM TAMANMARTANI KALASAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/46004/1/SKRIPSI.pdf