%I UNY %T Pengaruh Team Teaching Pendidik Pada Pengenalan Tema Rekreasi dan Pekerjaan Terhadap Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini di Kecamatan Pringgasela Kab. Lombok Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. %D 2016 %L UNY45996 %K Pembelajaran team teaching, kecerdasan emosional anak. %A Moh Alwi Ashari %X Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan pengaruh team teaching pendidik pada pengenalan tema rekreasi dan pekerjaan terhadap pengembangan kecerdasan emosional anak usia dini, dan (2) mengetahui efektivitas team teaching pendidik pada tema rekreasi dan pekerjaan terhadap pengembangan kecerdasan emosional anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Pringgasela. Sampel penelitian diambil secara acak dengan 2 langkah: 1) memilih secara 4 (empat) PAUD dari 41 (empat puluh satu) PAUD yang ada di Kecamatan Pringgasela, dan 2) memilih 2 (dua) PAUD secara acak untuk diterapkan team teaching, dan 2 (dua) PAUD untuk diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini adalah angket kecerdasan emosional. Data dianalisis dengan t-test pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan team teaching pendidik pada pengenalan tema rekreasi dan pekerjaan terhadap pengembangan kecerdasan emosional anak usia dini.