%0 Conference Paper %A Heri Susanto, Heri Susanto %B sarjana pendidikan sejarah %D 2016 %F UNY:45909 %K Prosiding %T KOMPETENSI SARJANA PENDIDIKAN SEJARAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM NASIONAL PENDIDIKAN SEJARAH SMA %U http://eprints.uny.ac.id/45909/ %X Kurikulum tidak bisa dilepaskan dari perkembangan zaman yang berubah dari waktu kewaktu. Perubahan memang tidak dapat dipungkiri dalam dunia pendidikan, pengajaran yang baik ialah yang bisa menyesuaikan dengan zaman yang ada sehingga apa yang diajarkan sesuai dengan perkembangan zaman yang ada serta yang akan datang. Sebab itulah kurikulum menjadi komponen penting sebagai penentu arah dan acuan dalam dunia pendidikan. Perubahan kurikulum menjadi hal yang mutlak diperlukan. Permasalahan yang kemudian muncul adalah; apakah perubahan kurikulum tersebut dapat diimplementasikan dengan benar di tingkat satuan pendidikan. Berbagai permasalahan teridentifikasi antara lain adalah ketidak siapan personel yang menjadi ujung tombak implementasi kurikulum, dalam hal ini guru. Sebagai langkah antisipasi dan solusi dari masalah tersebut, calon sarjana pendidikan sejarah hendaknya memiliki kemampuan akademis memadai untuk merespon dan beradaptasi terhadap perubahan kurikulum. Untuk dapat menjalankan fungsi tersebut penting untuk mengidentifikasi kompetensi apa saja yang diperlukan sarjana pendidikan sejarah dalam implementasi kurikulum nasional pendidikan sejarah di SMA/MA/SMK. Kata kunci: kompetensi, sarjana pendidikan sejarah, kurikulum nasional