%L UNY45887 %D 2016 %A Eka Jaya PU & Dikki Afriyanda Eka Jaya PU & Dikki Afriyanda %T KESENIAN WAYANG GANTUNG TIONGHOA DI SINGKAWANG DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH %K Prosiding %X Dalam kajian ini membahas mengenai pembelajaran sejarah di sekolah dan mengenalkan kesenian wayang gantung Tionghoa di Singkawang sebagai suplemen untuk menumbuhkan sebuah nilai-nilai lokal. Pembahasan ini merupakan hasil penelitian di SMA Negeri 3 Singkawang. Penelitian menggunakan metode deskriptif analitis dan bentuk studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran sejarah dilakukan guru dengan ceramah bervariasi dan menggunakan media visual sebagai bentuk agar materi yang diajarkan lebih mudah dipahami. Dalam memperkenalkan kesenian wayang gantung Tionghoa, guru menjadikannya sebagai suplemen sejarah lokal yang sangat produktif dalam membangun nilai-nilai budaya dan karakteristik daerah. Dengan demikian peserta didik akan lebih mudah memahami dan senang untuk belajar sejarah. Kesenian wayang gantung Tionghoa meliputi memberikan pemahaman mengenai wujud, cerita, perkembangan, dan manfaat mempelajarinya. Dalam pembelajaran sejarah yang berlangsung, peserta didik terlibat aktif dalam untuk bertanya dan menjawab pertanyaan. Dengan adanya suplemen yang dikembangkan oleh guru sejarah maka tidak ada lagi dan alas an bahwa pelajaran sejarah membosankan dan justru sangat beguna untuk membangun jati diri peserta didik. Kata Kunci : Kesenian Wayang Gantung Tionghoa, Pembelajaran Sejarah