TY - CONF ID - UNY45883 KW - Prosiding Y1 - 2016/// T2 - Pembelajaran sejarah TI - Model Group Investigation sebagai Strategi dalam Pembelajaran Sejarah A1 - Diah Ayu Kartikasari, S.Pd, Diah Ayu Kartikasari, S.Pd AV - public N2 - Membangun daya berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran sejarah merupakan sebuah tantangan. Hal yang perlu ditekankan bahwa sejarah bukanlah tentang pelajaran yang menghafal tahun dan tokoh-tokoh yang sudah tiada. Namun demikian, lebih dari itu pembelajaran sejarah dapat membentuk sikap dan kemampuan berfikir yang lebih kreatif dan kritis. Model group investigation yang digunakan pada saat pembelajaran akan memunculkan kreativitas siswa, baik kreativitas aptitude (berfikir kreatif) dan kreativitas non-aptitude (afektif). Metode ini mengharuskan peserta didik untuk bekerja secara berkelompok, maka kemampuan ataupun keterampilan berkomunikasi diperlukan untuk proses pembelajaran. Selain melihat kemampuan anak yang melaksanakan kegiatan secara kelompok, mereka pun akan dilatih agar mampu mengembangkan kemampuan berpikir secara mandiri. Kata Kunci: Pembelajaran sejarah, Group Investigation UR - http://eprints.uny.ac.id/45883/ ER -