%0 Thesis %9 S2 %A Daud, Maimunah H. %B Program Pascasarjana %D 2010 %F UNY:45852 %I UNY %K kompetensi guru sains, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan %T Kompetensi Guru Sains dalam Melaksanakan KTSP di SMP/MTs Negeri Kota Ende %U http://eprints.uny.ac.id/45852/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran; dan 2) Kompetensi profesional guru dalam penguasaan materi. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan survei. Subjek penelitian pada enam SMP/MTs Negeri yang terdiri atas 6 kepala sekolah, 26 guru-guru sains, dan 195 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis menemukan bahwa: (1) Rerata skor penilaian kompetensi pedagogik guru sains SMP/MTs Negeri kota Ende untuk keenam sekolah tersebut adalah 66,75 (79,47%) berarti digolongkan pada kategori sangat baik. Nilai rerata tersebut mengindikasikan bahwa guru menguasai kompetensi pedagogik dengan sangat baik. (2) Rerata skor penilaian kompetensi professional guru sains SMP/MTs Negeri kota Ende untuk keenam sekolah tersebut adalah 31,33 (78,32%) berarti digolongkan pada kategori sangat baik. Nilai rerata tersebut mengindikasikan bahwa guru menguasai kompetensi profesional sangat baik.