@phdthesis{UNY45827, month = {November}, title = {PENGARUH MEDIA COMPACT DISK INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DENGAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN KELAS IV SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA}, author = {Esty Praing Rambu}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2016}, url = {http://eprints.uny.ac.id/45827/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh compact disk interaktif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak dengan gangguan pemusatan perhatian kelas IV di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitin Single Subject Research (SSR) atau penelitian dengan subjek tunggal. Desain penelitianyang digunakan dalam adalah desain A (baseline) ? B ( Intervensi). Subjek dalam penelitian ini merupakan seorang siswa kelas IV yang mengalami gangguan pemusatan perhatian. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dlam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media compact disk interaktif memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak dengan gangguan pemusatan perhatian kelas IV di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil tes kemampuan membaca permulaan dengan frekuensi pada fase baseline yaitu subjek mendapatkn 56, 60, 60 , sedangkan frekuensi pada fase intervensi yaitu 76, 80, 76, 84, 80, 88. Kemampuan membaca permulaan meningkatan sebanyak 16 level (+16) dari fase baseline ke fase intervensi, hal ini berdasarkan dari perhitungan analisis antar kondisi. Selain itu, penggunaan media compact disk interaktif berpengaruh dalam mengembangkan aspek pengetahuan teknologi dan peningkatan motivasi belajar anak.} }