TY - CONF ID - UNY45825 UR - http://eprints.uny.ac.id/45825/ AV - public N2 - Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan strategi pembelajaran sejarah berbasis muatan kearifan lokal sebagai sarana bagi peserta didik mendapatkan hidden value yang dapat dijadikan pelajaran dalam memaknai kehidupan sehari-hari. Fungsi utama pendidikan di setiap tingkat adalah untuk menyediakan pelatihan cara-cara berpikir mendasar yang terwakili dalam berbagai mata pelajaran yang selama ini berkembang dalam pencairan pengetahuan yang dapat digunakan oleh manusia, perjalanan menggapai pemahaman budaya, dan upaya berkelanjutan untuk meraih kekuatan intelektual. Kearifan lokal dapat menjadi salah satu upaya untuk lebih mendekatkan peserta didik pada pembelajaran sejarah, yaitu dengan memasukkan unsur-unsur kearifan lokal dalam pembelajaran sejarah. Unsur-unsur kearifan lokal terdapat pada sejarah lokal di mana bisa untuk dihubungkan kepada tema yang lebih luas dalam sejarah nasional. Muatan kearifan lokal sebagai bagian dari sejarah lokal dapat digunakan oleh guru untuk membantu mengembangkan keterampilan berpikir sejarah. Pengintegrasian nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran sejarah diharapkan dapat mendorong peserta didik memahami kearifan lokalnya, kemudian mampu menimbulkan kecintaan dan bangga terhadap budayanya yang pada akhirnya dapat memprkuat identitas diri dalam rangka memperkokoh rasa kecintaan terhadap bangsanya Y1 - 2016/// T2 - Pembelajaran Sejarah KW - Prosiding A1 - Yulia Sofiani, Yulia Sofiani TI - PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS MUATAN KEARIFAN LOKAL SEBAGAI SARANA PESERTA DIDIK MENDAPATKAN HIDDEN VALUE YANG DAPAT DIJADIKAN PELAJARAN DALAM MEMAKNAI KEHIDUPAN SEHARI-HARI ER -