@inproceedings{UNY45818, year = {2016}, author = {Uun Lionar Uun Lionar}, booktitle = {Guru, Sejarah}, title = {PERAN GURU SEJARAH DALAM PENDIDIKAN NILAI (SUATU REFLEKSI)}, abstract = {Keberhasilan guru sejarah meyampaikan pesan nilai dari setiap peristiwa sejarah terletak pada kreativitas guru menggunakan metode dan menerjemahkan kurikulum dalam proses pembelajaran. Pesan nilai sejarah sangat penting disampaikan kepada siswa, karena dengan mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam setiap tokoh dan peristiwa sejarah akan merubah kesan pada diri siswa yang selama ini memandang mata pelajaran sejarah sebagai hafalan yang membosankan. Hal demikian terjadi karena pemahaman siswa terhadap masa lalu yang dangkal dan ketidakmampuan guru menerjemahkan kurikulum, sehingga siswa hanya memperoleh sebatas pengetahuan kognitif dalam bentuk hafalan fakta sejarah, konsep, jalan suatu peristiwa, penyebab dan akibat suatu peristiwa. Oleh sebab itu, penggunaan pendekatan moral dalam pembelajaran memungkinkan lebih tepat untuk digunakan. Dengan penggunaan pendekatan ini akan terjadi dinamisasi dalam pembelajaran sejarah. Siswa akan memahami peristiwa masa lalu dengan penuh makna sehingga keterkaitan antara dimensi masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang dipahami oleh siswa. Kata Kunci : Pendidikan Nilai, Kurikulum, Pendekatan, Guru, Sejarah, Kreativitas}, keywords = {Prosiding}, url = {http://eprints.uny.ac.id/45818/} }