%0 Report %9 Project Report %A REKYAN WORO W., REKYAN WORO W. %D 2016 %F UNY:45801 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Pendidikan Seni Rupa, PPL %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP Negeri 2 Cangkringan Pagerjurang, Kepuharjo, Sleman, Yogyakarta 15 Juli – 15 September 2016 %U http://eprints.uny.ac.id/45801/ %X Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah yang memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam mempraktikkan teori-teori yang telah mereka pelajari dalam perkuliahan. Dengan kegiatan PPL mahasiswa dapat mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan, dan kemudian menerapkan setiap disiplin ilmu yang telah mereka pelajari sebelumnya. Kegiatan ini mencakup pemahaman mengenai berbagai aspek kependidikan dan pemberian berbagai bentuk layanan bimbingan yang dapat diberikan oleh seorang guru pembimbing, dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan Pendidikan Seni Rupa secara profesional di sekolah. Program PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Dalam pelaksanaan PPL, terdapat serangkaian kegiatan sebelum mahasiswa diterjunkan. Sebelum tim diterjunkan ke lokasi maka tim memulai kegiatan seperti observasi terlebih dahulu agar dapat menyesuaikan dengan sekolah masing-masing. Selain itu, juga adanya micro teaching untuk membekali mahasiswa pada saat PPL di lokasi. Keseluruhan pelaksanaan PPL tahun ini dapat dikatakan lancar dan terlaksana dengan baik sesuai program yang telah direncanakan. Adapun keberhasilannya tidak lepas dari semua pihak. Pada akhirnya, kegiatan PPL yang telah dilaksanakan sekurang-kurangnya dua bulan ini benar-benar memberikan manfaat bagi praktikan.