<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBATIK\r\nBAGI SISWA AUTIS DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang pelaksanaan\r\nketerampilan membatik bagi siswa autis di SLB Autisma Dian Amanah\r\nYogyakarta yang meliputi: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran\r\nketerampilan membatik bagi siswa autis, 2) mendeskripsikan kendala dan upaya\r\nmengatasi kendala yang dihadapi guru SBK dalam pelaksanaan pembelajaran\r\nketerampilan membatik, 3) mendeskripsikan peran guru dalam pelaksanaan\r\npembelajaran keterampilan membatik.\r\nPenelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan\r\nkualitatif. Subyek penelitian yaitu guru SBK, siswa autis dan guru kelas di SLB\r\nAutisma Dian Amanah Yogyakarta. Pegumpulan data menggunakan metode\r\nwawancara mendalam, observasi partisipasi dan dokumentasi. Peneliti\r\nmerupakan instrumen utama penelitian dengan dibantu panduan wawancara,\r\npanduan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah\r\nreduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan\r\nmemperpanjang waktu tinggal atau keikutsertaan, observasi lebih tekun dan\r\ntriangulasi.\r\nBerdasarkan hasil penelitian, diperoleh : 1) pelaksanaan pembelajaran\r\nketerampilan membatik didasari oleh hasil asesmen dan perencanaan program.\r\nPembelajaran membatik diawali dengan persiapan, pemberian materi dan\r\nevaluasi, 2) Kendala yang dihadapi yaitu: a) saat melaksanakan pembelajaran\r\nketerampilan membatik emosi siswa kadang kurang stabil sehingga konsentrasi\r\nsaat membatik berkurang, b) Siswa sering handflapping dan lonjak-lonjak\r\nsehingga saat siswa dekat dengan bahan malam panas dan zat pewarna yang keras\r\nakan membahayakan siswa sendiri. Upaya dalam menghadapi kendala yaitu: a)\r\nmenerapkan pemberian reward dan punishment sebagai konsekuensi perilaku\r\nsiswa, b) selalu mendampingi dalam setiap proses pembelajaran membatik serta\r\nmenempatkan bahan-bahan membatik yang dapat membahayakan siswa pada\r\ntempat yang lebih aman, 3) Peran guru yaitu: a) guru ikut serta mendampingi dan\r\nmenjadi sumber informasi saat asesmen lanjutan dan perencanaan, b) guru menanyakan\r\npeningkatan dan perkembangan keterampilan membatik kepada guru SBK, c) guru\r\nmenginformasikan perkembangan keterampilan membatik kepada orang tua atau wali\r\nmurid melalui buku penghubung dan secara lisan, d) guru sebagai teman konsultasi bagi\r\nguru SBK apabila menemukan permasalahan dan kendala membatik pada siswa."^^ . "2016-05-25" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Chandra Titisari"^^ . "Santi"^^ . "Chandra Titisari Santi"^^ . . . . . . "PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBATIK\r\nBAGI SISWA AUTIS DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "SANTI CHANDRA TITISARI_11103241050.pdf"^^ . . . "PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBATIK\r\nBAGI SISWA AUTIS DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBATIK\r\nBAGI SISWA AUTIS DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBATIK\r\nBAGI SISWA AUTIS DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBATIK\r\nBAGI SISWA AUTIS DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBATIK\r\nBAGI SISWA AUTIS DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #45789 \n\nPELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBATIK \nBAGI SISWA AUTIS DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Luar Biasa" . .