%0 Conference Paper %A Firza Husandra, Firza Husandra %B Pendidikan Sejarah %D 2016 %F UNY:45771 %K Prosiding %T DARI PERSELISIHAN MENUJU KEDAMAIAN : MEMAHAMI NILAI-NILAI RESOLUSI KONFLIK MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH %U http://eprints.uny.ac.id/45771/ %X Abstrak Dalam kehidupan bermasyarakat tidak terlepas dari perselisihan. Dampak yang ditimbulkan dari perselisihan mengakibatkan kerugian bagi kedua belah pihak yang terlibat, baik antar individu atau kelompok. Setiap daerah memiliki kearifan lokal dalam menyelesaikan konflik, dan masing-masing daerah memiliki cara tersendiri. Dalam masyarakat Kerinci, resolusi konflik disebut mendawah. Resolusi konflik pada masing-masing daerah memiliki relevansi dengan kehidupan masyarakatnya, dengan demikian perselisihan yang terjadi bisa diselesaikan dengan kearifan lokal masyarakat setempat. Resolusi konflik tersebut diharapkan bisa menciptakan kedamaian. Salah satu cara untuk menanamkan nilai-nilai lokal adalah dengan pendidikan. Pendidikan sejarah menjadi jembatan penghubung yang tepat dalam menyampaikan nilai-nilai lokal. Salah satu tujuan dari pendidikan sejarah adalah untuk membentuk karakter siswa dan memberikan kesadaran sejarah, khususnya tentang sejarah lokal. Melalui pendidikan nilai-nilai kearifan lokal tetap bisa terjaga eksistensinya. Kata Kunci : Resolusi Konflik, Nilai-Nilai Lokal, Pendidikan Sejarah