eprintid: 45737 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 57 dir: disk0/00/04/57/37 datestamp: 2017-01-12 01:50:50 lastmod: 2019-01-29 12:05:07 status_changed: 2017-01-12 01:50:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sabrun, Sabrun title: Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MTs NW Narmada Ditinjau dari Segi Gender ispublished: pub subjects: D2 subjects: F4 divisions: pps_math full_text_status: public keywords: Problem-Based Learning, pemecahan masalah matematika, gender abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) memproleh bukti empiris tentang pengaruh model pembelajaran problem-based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan (2) memperoleh bukti empiris perbedaan kemampuan pemecahan masalah Matematika setelah diajarkan dengan model pembelajaran problem-based learning (PBL) ditinjau dari segi gender. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretes dan postes dengan kelompok non-ekuivalen. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen dan dua kelompok kontrol. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VII MTs NW Narmada dari sekolah putra dan dari sekolah putri. Pengambilan sampel dengan teknik sampling purposive. Dari populasi yang ada diambil empat kelas secara acak yang selanjutnya ditentukan dua kelas eksperimen (satu kelas putra dan satu kelas putri), dan dua kelas kontrol (satu kelas putra dan satu kelas putri) yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan menggunakan tes bentuk uraian dan observasi kegiatan siswa. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan perbedaan hasil berdasarkan gender data dianalisis dengan menggunakan ANACOVA (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran matematika dengan problem-based learning (PBL) berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Matematika dan (2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah Matematika setelah diajar dengan model problem-based learning (PBL) ditinjau dari segi gender yaitu siswa dari kelas putri lebih tinggi tingkat kemampuan dalam memecahkan masalah Matematika dibanding kelas putra. date: 2010-10-30 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Sabrun, Sabrun (2010) Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MTs NW Narmada Ditinjau dari Segi Gender. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/45737/1/tesis-sabrun-07709251003.swf