TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/45693/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan keefektifan pendekatan pembelajaran writing to Learn dan pendekatan Problem Based Learning; 2) menyelidiki konsistensi dari pengaruh pendekatan pembelajaran Writing to Learn dan Problem Based Learning; dan 3) menyelidiki keefektifan pendekatan pembelajaran Writing to Learn dibandingkan dengan pendekatan Problem-Based Learning terkait dengan keterampilan algoritmik, kemampuan komunikasi, dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Pretest-postest non-ekuivalen multiple-group design, menggunakan dua kelompok eksperimen yaitu kelompok eksperimen pertama diberikan perlakuan berupa pendekatan pembelajaran Writing to Learn Mathematics dan kelompok eksperimen kedua diberikan perlakuan berupan pendekatan pembelajaran Problem Based Learning. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X SMA Negeri di Yogyakarta. Dari populasi yang ada diambil dua sekolah secara purposif dan kemudian dari masing-masing sekolah diambil dua kelas secara random. Kelas yang terpilih adalah kelas XC dan XD SMA Negeri 11 yang dikenai perlakuan pertama serta kelas XA dan kelas XC SMA Negeri 10 dikenai perlakuan kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan pembelajaran Writing to Learn Mathematics efektif digunakan dalam pembelajaran matematika dimana ketuntasan belajar klasikal mencapai 73%; 2) pendekatan pembelajaran Problem Based Learing efektif digunakan dalam pembelajaran matematika dimana ketuntasan belajar klasikal mencapai 65% melebihi KKM sekolah yaitu 60%; 3) pendekatan pembelajaran Writing to Learn Mathematics dan Problem Based Learning berpengaruh secara konsisten terhadap keterampilan algoritmik, kemampuan komunikasi, dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri di Yogyakarta; dan 4) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan algoritmik, kemampuan komunikasi, dan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar dengan pendekatan pembelajaran Writing to Learn Mathematics dan siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning dimana pendekatan pembelajaran Writing to Learn Mathematics yang lebih efektif. M1 - tesis AV - public A1 - Darmayasa, Jero Budi PB - UNY TI - Pengaruh Pendekatan Pembelajaran terhadap Keterampilan Algoritmik, Kemampuan Komunikasi, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA di Yogyakarta ID - UNY45693 KW - pendekatan pembelajaran KW - keterampilan algoritmik KW - kemamapuan komunikasi KW - pemecahan masalah matematika Y1 - 2010/06/30/ ER -