TY - THES N2 - Proyek Akhir ini bertujuan untuk merancang, membuat dan mengetahui kinerja dari alat Media Pembelajaran Simbol-Simbol Komponen Elektronika Berbasis Mikrokontroller ATMega 16 Untuk Anak Sekolah Tingkat SMP. Alat ini membantu proses belajar mengajar di sekolah atau di tempat lainya sehingga anak lebih ingat dan faham apa yang diajarkan oleh guru mereka. Alat ini dikembangkan dalam beberapa tahap yaitu, (1) Identifikasi Kebutuhan, (2) Analisa Kebutuhan, (3) Perancangan Sistem, (4) Perancangan Perangkat Keras, (5) Perancangan Perangkat Lunak, (6) Teknik Pengoperasian, dan (7) Pengujian Alat. Rancang bangun alat ini diwujudkan dengan menggabungkan beberapa sistem yaitu rangkaian catudaya, rangkaian Sistem Minimum, Keyboard, rangkaian dotmatriks Liquid Crystal Display (LED), serta Light Emitting Diode (LCD) dengan karakter 16x2. Rangkaian catudaya pada alat ini mengeluarkan tegangan sebesar 5V yang disupply ke rangkaian LED dan LCD. Di dalam rangkaian sistem minimum terdapat Mikrokontroler ATMega 16 yang berfungsi sebagai unit proses. Input dari keyboard ke Mikrokontroller ATMega 16 sebagai perintah untuk menampilkan tulisan pada LCD sedangkan LED dan LCD pada alat ini difungsikan sebagai output. Perancangan perangkat lunak sebagai pengendali program pada Mikrokontroler ATMega 16 menggunakan bahasa pemrograman C serta software CVAVR sebagai compiler-nya. M1 - d3ta UR - http://eprints.uny.ac.id/4569/ ID - UNY4569 Y1 - 2012/08// AV - public A1 - Fanny , Riandy PB - UNY TI - MEDIA PEMBELAJARAN SIMBOL-SIMBOL KOMPONEN ELEKTRONIKA BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMega 16 UNTUK ANAK SEKOLAH TINGKAT SMP ER -