%0 Report %9 Project Report %A Diyah Rahmawati, Diyah Rahmawati %D 2016 %F UNY:45682 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PPL, SLB Wiyata Dharma 1 Sleman %T LOKASI DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN Dosen Pembimbing Lapangan : Drs. Heri Purwanto %U http://eprints.uny.ac.id/45682/ %X Praktek pengalaman lapangan (PPL) tahun akademik 2016/2017 dilaksanakan di SLB B Wiyata Dharma 1 Sleman, yang berlokasi di kelurahan Margorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anggota kelompok PPL SLB B Wiyata Dharma yaitu 14 mahasiswa, yang terdiri dari 9 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Pendidikan dengan Jurusan Pendidikan Luar Biasa, 2 mahasiswa dari Fakultas Bahasa dan Seni dengan jurusan Pendidikan Seni Kerajinan, 1 mahasiswa dari Fakultas Bahasa dan Seni dengan Jurusan Pendidikan Seni Rupa, dan 2 mahasiswa dari Fakultas Teknik dengan Jurusan Pendidikan Tata Busana dari Universitas Negeri Yogyakarta. Berdasarkan hasil observasi dari Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) satu, maka dapat di tentukan program pembelajaran yang akan diterapkan pada anak didik. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam memberikan layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Pemberian layanan bagi anak berkebutuhan khusus merupakan program untuk meningkatkan kemampuan dalam mendidik anak berkebutuhan khusus. Sebagai calon pendidik maka diperlukan pengalaman dan persiapan untuk mendidik anak berkebutuhan khusus. Dengan adanya program- PPL ini maka diharapkan seorang mahasiswa akan mengoptimalkan potensi dirinya sebagai calon pendidik pada program PPL. Program PPL ini dilakukan untuk mengaplikasikan ilmu yang didapatkan selama perkuliahan. Sehingga dalam pelaksanaan kegiatan PPL diaharapkan akan memacu mahasiswa untuk meningkatkan kinerja dalam hal kemampuan mengajar anak berkebutuhan khusus sesuai dengan karakteristik anak. Pada PPL II ini dilakukan praktek mengajar kepada siswa sesuai dengan pembagian ketika PPL I. Kegiatan PPL II ini merupakan hasil dari implementasi kegiatan PPL I yang sebelumnya meliputi kegiatan observasi dan assesmen kebutuhan dan potensi siswa yang kemudian disusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP yang telah dibuat oleh mahasiswa diaplikasikan dalam praktek mengajar pada PPL II. Kegiatan PPL II dilaksanakan di kelas 4 Sekolah Dasar dan dilaksanakan di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman pada tanggal 16 Juli 2016 sampai 16 September 2016. PPL II ini sangat memberikan manfaat bagi mahasiswa pada khususnya, dikarenakan mahasiswa mendapat pengalaman baru memberikan materi langsung kepada anak berkebutuhan khusus yang mungkin tidak akan didapat ketika mempelajari teori di universitas.