<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "LAPORAN INDIVIDU\r\nKEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN\r\nDI SMK PI AMBARRUKMO 1 SLEMAN"^^ . "Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta\r\nsemester khusus tahun 2016 yang berlokasi di SMK PI AMBARRUKMO 1\r\nSleman dilaksanakan pada 15 Juli - 15 September 2016. Tujuan Praktik\r\nPengalaman Lapangan (PPL) adalah memberi mahasiswa pengalaman yang\r\nnyata dalam proses pengajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di\r\nsekolah. Selain itu, kegiatan PPL juga bertujuan untuk mengembangkan\r\npotensi diri mahasiswa sebagai tenaga keguruan yang profesional dan\r\nmemiliki sikap, pengetahuan, serta keterampilan yang memadai. Kegiatan\r\ntersebut meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal\r\nevaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah, baik yang\r\nyang bersifat kurikuler maupun ekstrakurikuler.\r\nPraktik mengajar telah dilakukan sebanyak minimal delapan kali\r\npertemuan di kelas X AP 1, X AP2, XI AP 1 dan XI AP 2, dengan tiap\r\npertemuan berdurasi 2 jam pelajaran. Pokok bahasan yang diajarkan adalah\r\nPerkenalan Diri, Kehidupan Keluarga, dan Liburan dengan ketrampilan yang\r\ndiajarkan yaitu menulis, mendengarkan dan membaca.\r\nBimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing\r\nselama masa periode kegiatan PPL merupakan faktor penting yang membuat\r\nkegiatan PPL terlaksana dengan baik dan lancar. Selain itu, peran aktif\r\npeserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM) di\r\ndalam kelas maupun saat sedang tidak dalam kegiatan belajar mengajar juga\r\nmemberikan kelancaran dalam program PPL. Terlaksananya program PPL\r\nini juga tidak terlepas dari dukungan dan bantuan pihak sekolah yang telah\r\nmemberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada para mahasiswa PPL\r\nuntuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.\r\nNamun, beberapa hambatan juga dihadapi oleh praktikan ketika\r\nmelaksanakan PPL, yakni praktikan masih kurang kooperatif antara skenario\r\npembelajaran di RPP dengan implementasi di kelas. Praktikan masih\r\nmengunggulkan seni mengajar “improvisasi”. Saat di kelas, praktikan sering\r\nmenemui kendala bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran saat\r\npraktikan hanya fokus pada RPP semata. Sementara itu, seni pengajaran\r\n“improvisasi” justru menjadikan suasana kelas lebih aktif. Hambatan tersebut,\r\nmenurut praktikan, timbul karena kurangnya pengalaman praktikan dalam\r\ndunia kependidikan, khususnya dalam pengajaran."^^ . "2016" . . "LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Laporan ppl"^^ . . . . . . . . "Danang Rasyid Ihsantoro"^^ . "Danang Rasyid Ihsantoro"^^ . "Danang Rasyid Ihsantoro Danang Rasyid Ihsantoro"^^ . . . . . "HTML Summary of #45633 \n\nLAPORAN INDIVIDU \nKEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN \nDI SMK PI AMBARRUKMO 1 SLEMAN\n\n" . "text/html" . . . "LPPMP" . .