eprintid: 45623 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/56/23 datestamp: 2017-01-10 05:01:42 lastmod: 2019-10-01 11:41:44 status_changed: 2017-01-10 05:01:42 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Topan Arianto, Topan Arianto title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 15 Juli 2016 s.d. 15 September 2016 LOKASI: SMP NEGERI 4 SLEMAN Alamat: Trimulyo, Sleman, Sleman, Yogyakarta Telp. (0274) 869247 Kode Pos 55513 ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, SMP N 4 Sleman, Tenaga Pendidik abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan atau menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya di bangku perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP N 4 Sleman, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 15 Juli 2016 hingga tanggal 15 September 2016. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, namun mahasiswa dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas lebih dari 8 kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain demonstrasi, tanya jawab, Problem Based Learning (PBL), dan Teams Games Turnament (TGT). Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar, slide powerpoint, media ulartangga, serta alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, diantaranya dalam pengelolaan kelas, peserta didik sulit untuk dikendalikan karena terlalu gaduh. Kegiatan PPL yang dilaksanakan, khususnyya praktik mengajar di kelas berjumlah 18 kali pertemuan dengan jumlah jam total sejumlah 24 jam selama dua bulan. Harapan dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal sekaligus pangalaman serta gambaran nyata tentang pelaksanaan kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Sehingga mahasiswa nantinya akann menjadi tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas. Kelancarann dan kesuksesan pelaksanaan kegiatan PPL adalah berkat semua pihak yang sudah ikut serta dan bekerjasama. date: 2016 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Topan Arianto, Topan Arianto (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 15 Juli 2016 s.d. 15 September 2016 LOKASI: SMP NEGERI 4 SLEMAN Alamat: Trimulyo, Sleman, Sleman, Yogyakarta Telp. (0274) 869247 Kode Pos 55513. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/45623/1/6.%20TOPAN%20ARIANTO_13416241054_PENDIDIKAN%20IPS_FIS_.pdf