eprintid: 45446 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/54/46 datestamp: 2017-01-04 08:03:25 lastmod: 2019-10-01 11:32:54 status_changed: 2017-01-04 08:03:25 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: AULIA AZMI HAIFANI RAMADHANI, AULIA AZMI HAIFANI RAMADHANI title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, Pembelajaran, Pendidik, Profesional, Rancang Bangun Jaringan abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 Kependidikan. Pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan pedagogik yang profesional. Kegiatan PPL dilaksanakan di SMK N 2 Depok pada tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016. Kegiatan PPL bertujuan untuk membentuk seorang calon pendidik yang profesional. Dimana praktikan harus mengetahui bagaimana proses mempersiapkan administrasi pendidik, cara mengajar yang baik, pendekatan pembelajaran yang baik, model pembelajaran yang baik, metode pembelajaran yang tepat, serta proses evaluasi dan analisis hasil yang baik. Kegiatan PPL dimulai dengan kegiatan persiapan yang meliputi: pengajaran mikro di kampus, pembekalan PPL, observasi kelas, koordinasi dengan pembimbing di SMK dan pembuatan persiapan mengajar. Dalam pelaksanaan praktik mengajar, mahasiswa praktikan juga dituntut untuk bisa melakukan evaluasi dan analisis hasil belajar siswa. Kurikulum yang digunakan untuk kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK N 2 Depok adalah kurikulum 2013 dimana pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan Scientific. Proses pendekatan ini meliputi menggali informasi melalui pengamatan, bertanya dan percobaan. Kemudian proses berlanjut dengan mengolah data atau informasi, menyajikan data atau informasi. Dan proses diakhiri dengan menganalisis, menalar, dan menyimpulkan materi. Pada pembelajaran Rancang Bangun Jaringan ini menerapkan model pembelajaran Discovery Learning yang berbasis pada teori belajar kognitif dan teori belajar sosial. Sedangkan metode yang sering digunakan adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi dan praktik langsung. Dalam praktik mengajar, kelas yang diampu adalah kelas XI TKJ A dan XI TKJ B dengan total jam adalah 64 jam. Masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Evaluasi meliputi pembuatan soal evaluasi dan teori serta pembuatan tugas untuk siswa. Secara keseluruhan Program PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Pada realisasinya kegiatan berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapat pengalaman nyata dalam belajar bertindak sebagai seorang guru dimulai dari persiapan sampai dengan pengelolaan kelas. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: AULIA AZMI HAIFANI RAMADHANI, AULIA AZMI HAIFANI RAMADHANI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/45446/1/LAPORAN%20PPL%2013520241065%20AULIA%20AZMI%20HAIFANI%20RAMADHANI%201.pdf