%A Fairuz Chrisvianova %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendeskripsikan kemampuan sosial dan emosional anak melalui permainan ansambel perkusi pada anak usia dini. Digunakannya ansambel perkusi karena kegiatan tersebut berupa permainan musik yang menarik. Anak-anak dapat bermain ansambel dan mengenal ritme sederhana dengan menggunkan alat-alat musik perkusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dilakukan dalam 2 siklus yang pada 1 siklusnya terdapat 3 kali tatap muka. Metode dalam penelitian ini yaitu, observasi dan dokumentasi yang dilakukan di kelas Apel Kelompok Bermain Putra Madani Purwokerto Barat dengan jumlah 14 anak. Data dianalisisis menggunakan deskriptif kualitatif yaitu dengan melihat peningkatan anak yang berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan pada kemampuan sosial dan emosional anak melalui kegiatan permainan ansambel perkusi di kelas Apel Kelompok Bermain Putra Madani. Pada siklus I hasil observasi menunjukan presentase dengan rata-rata 36%, 43% dan 43% pada masing-masing kompetensi pengembangan sosial dan emosional. Pada siklus I indikator keberhasilan belum tercapai, maka dilakukan siklus II. Hasil pada siklus II presentase yang didapat adalah 79%, 86% dan 86% pada masing-masing kompetensinya dan telah mencapai kriteria keberhasilan tindakan. Hal ini menunjukan bahwa dengan permainan ansambel perkusi kemampuan sosial dan emosional anak dapat meningkat. Selain itu, permainan ansambel perkusi juga telah memberikan pengalaman yang baru untuk kanak-anak. %L UNY45424 %I Universitas Negeri Yogyakarta %D 2016 %T UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL DAN EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN ANSAMBEL PERKUSI PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN PUTRA MADANI PURWOKERTO BARAT