eprintid: 45387 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/53/87 datestamp: 2017-01-04 00:39:47 lastmod: 2019-10-01 11:37:06 status_changed: 2017-01-04 00:39:47 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Lita Donna Elianti, Lita Donna Elianti title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 GAMPING Tegalyoso, Banyuraden, Gamping, Slemaan ispublished: pub subjects: subject_lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, SMA Negeri 1 Gamping, Sosiologi abstract: Universitas Negeri Yogyakarta Mempunyai tugas dan misi menyiapkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga profesional. Dalam menyiapkan tenaga kependidikan tersebut, UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa tentang proses belajar mengajar melalui mata kuliah Ilmu Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Kajian Kurikulum dan Buku Teks, Evaluasi Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Pengajaran Mikro. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa UNY sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan masa studi sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan adanya pengalaman mengajar diharapkan dapat membentuk mahasiwa calon guru yang profesional dibidangnya. Salah satu lokasi yang menjadi tempat pelaksanaan PPL tahun 2016 ini yaitu bertempat di SMA Negeri 1 Gamping dan mulai dilaksanakan pada 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Dalam Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiwa melakukan kegiatan mengajar minimal 8 kali pertemuan di dua kelas yaitu di kelas XII IPS 1 dan XII IPS 2. Program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan selama praktik mengajar. Adapun hambatan yang dihadapi oleh praktikan selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar yaitu siswa sulit dikondisiskan, sulit menerima pelajaran dan adanya siswa yang masih pasif. Penjelasan dilakukan secara berulang dan pendekatan kepada siswa yang masih pasif dilakuakn untuk mengatasi hambatan tersebut. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan memberikan kesempatan untuk mempelajarai, mengenal dan menghayati permasalahan disekolah yang terkait dengan proses pembelajaran Sosiologi. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Lita Donna Elianti, Lita Donna Elianti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 GAMPING Tegalyoso, Banyuraden, Gamping, Slemaan. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/45387/1/LAPORAN%20PPL_LITA%20DONNA%20ELIANTI_PEND.%20SOSIOLOGI.pdf