@phdthesis{UNY45364, year = {2016}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {Tetra Deputri allopaa}, title = {Strategi Pembelajaran Paduan Suara Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta}, month = {October}, url = {http://eprints.uny.ac.id/45364/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran latihan yang dilakukan di Paduan Suara Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Fokus dari penelitian ini adalah mengkaji strategi yang digunakan pada latihan rutin dan persiapan lomba. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Subjek penelitian ini yaitu pelatih, pengurus, dan anggota PSM UAJY. Metode pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, data dianalisis menggunakan teknik analisis data yang mempunyai 4 tahap yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, keabsahan data diperoleh dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaranyang diterapkan PSM UAJY, yaitu: (1) strategi pembelajaran langsung pada langkah penyajian materi (metode ceramah, demonstrasi, dan drill), pemberian motivasi dan pembentukkan karakter (metode keteladanan), presentasi (metode drill), dan evaluasi (metode ceramah dan demonstrasi) (2) strategi pembelajaran mandiri terdapat saat pendahuluan latihan dan penyajian materi (secara individu dan kelompok tutorial),(3)strategi pembelajaran interaktif saat penyajian materi dengan metode ilustrasi. Adapun hasil penelitian strategi persiapan lomba meliputi: (1) strategi pembelajaran mandiri terdapat pada persiapan pengurus dan persiapan anggota serta (2) strategi pembelajaran empirik yang diterapkan saat kegiatan pra-lomba.} }