%0 Report %9 Project Report %A NUR KHADIANTORO, NUR KHADIANTORO %D 2016 %F UNY:45348 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PPL, SMA N 1 Tempel. Sosiologi %T LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 TEMPEL %U http://eprints.uny.ac.id/45348/ %X Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 di SMA Negeri 1 Tempel dengan alamat Pondokrejo, Tempel, Kabupaten Sleman, telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 18 Juli – 15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 16 mahasiswa dari 8 program studi, yaitu Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Geografi, dan Pendidikan Kewarganegaraan. Kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa kependidikan untuk mempraktikan teori-teri yang telah diperoleh selama di kampus dan memberikan pengalaman untuk mengembangkan diri menjadi tenaga profesional yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi observasi, pembuatan administrasi guru yang mencangkup Buku 1,2 dan 3, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, analisis hasil evaluasi serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMA Negeri 1 Tempel yang dimulai dari 18 Juli 2016 – 15 September 2016 ini antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Tempel, pratikan mendapat kesempatan mengajar sosiologi selama 14 kali pertemuan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu secara administratif pratikan dapat membuat RPP hingga melakukan evaluasi terhadap siswa. Pokok bahasan yang diajarkan meliputi 3 kompetensi wajib kurikulum KTSP (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi) yang dipadukan dengan pendekatan scientific 5M (mengamati, menanya, mengasosiasi, mencoba, menyajikan). Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan, arahan, serta motivasi dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar berlangsung. Peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM) memberikan pengaruh tersendiri bagi keberlangsungan kegiatan PPL. Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimiliki untuk mempraktikan apa yang sudah didapat di bangku perkuliahan.