TY - RPRT UR - http://eprints.uny.ac.id/45327/ M1 - project_report ID - UNY45327 KW - Pendidikan Biologi KW - Praktik Pengalaman Lapangan KW - SMA N 1 Tempel AV - public TI - LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 1 TEMPEL A1 - NURMA FAUZIANA, NURMA FAUZIANA PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta N2 - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah lapangan yang bersifat intrakulikuler. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya yang ada di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 yang berlokasi di SMA Negeri 1 Tempel yang beralamatkan di Banjarharjo, Pondokrejo, Tempel, Sleman telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 18 Juli - 15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 16 mahasiswa dari 8 program studi, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Geografi, dan Pendidikan Kimia. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi pembuatan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, analisis hasil evaluasi serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016, dilakukan sebanyak 13 kali pertemuan di kelas XI program IPA yang terdiri dari 2 kelas (IPA1 dan IPA2). Praktikan telah menyelesaikan tugas mengajar sebanyak 26 kali selama kegiatan PPL berlangsung dengan tatap muka 6 kali seminggu dan setiap minggunya praktikan mengajar selama 10 jam. Metode yang digunakan dalam mengajar beragam, seperti metode diskusi, tanya jawab, ceramah dan cooperative learning. Pokok bahasan yang diajarkan meliputi materi Organela Sel, Transpor Membran dan Struktur Fungsi Jaringan Tumbuhan. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Y1 - 2016/// ER -