@phdthesis{UNY4532, month = {January}, title = {Implementasi CD Animasi Pendidikan Indonesia Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sains Siswa Kelas V SD Negeri Catur Tunggal 04}, school = {UNY}, author = {Andi Sofyan}, year = {2010}, url = {http://eprints.uny.ac.id/4532/}, keywords = {CD animasi pendidikan Indonesia, pembelajaran sains}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan CD Animasi Pendidikan Indonesia dan media cetak; (2) perbedaan hasil belajar antara penggunaan media CD Animasi Pendidikan Indonesia dan media cetak pada siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dan rendah; dan (3) interaksi pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain factorial 2x2. Dimana subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA SD Negeri Caturtunggal 04 tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan seluruh siswa kelas VA SD Negeri Nogopuro yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dengan test dan skala motivasi yang divalidasi dengan korelasi skor butir-total dan reliabilitas yang dihitung dengan rumus alpha cronbach?s. Skala motivasi digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan test digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Test diberikan dua kali yaitu pre test, sebelum kelas eksperimen dan kelas kontrol menerima perlakuan dan post test, setelah kedua kelompok kelas menerima perlakuan. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan teknik analisis varians atau anava dengan taraf siginifikansi 5\%. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan CD Animasi Pendidikan Indonesia dan media cetak. Hal itu ditunjukkan oleh hasil F-hit sebesar 9,746 sedangkan F-tabel sebesar 4,013 dengan tingkat signifikansi 5\%, (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara penggunaan media CD Animasi Pendidikan Indonesia dan media cetak pada siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dan rendah. Hal itu ditunjukkan oleh hasil F-hit sebesar 12,858 sedangkan F-tabel sebesar 4,013 dengan tingkat signifikansi 5\%, (3) terdapat interaksi pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Hal itu ditunjukkan oleh hasil F-hit sebesar 6,457 sedangkan F-tabel sebesar 4,013 dengan tingkat signifikansi 5\%.} }