%0 Report %9 Project Report %A Sri Lestari, Sri Lestari %D 2016 %F UNY:45318 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PPL, pembelajaran, siswa. %T LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP N 2 NGEMPLAK %U http://eprints.uny.ac.id/45318/ %X Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan mahasiswa program studi kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai wahana pembentukan tenaga kependidikan yang memiliki 4 kompetensi yaitu kompetensi pedagogic (pengetahuan dan keterampilan), kompetensi intrapersonal, kompetensi social, dan kompetensi profesional yang siap dalam memasuki dunia pendidikan sebagai guru yang kreatif dan professional. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) digunakan sebagai bekal mahasiswa menjadi tenaga pendidik. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah suatu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa di lapangan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ngemplak, tepatnya di Macanan, Bimomartani, Ngemplak, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dimulai pada tanggal 1 Agustus 2016 dan diakhiri pada tanggal 8 September 2016. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan pembelajaran di Sekolah. Dalam kegiatan pembelajaran perlu melakukan persiapan, diantaranya pembuatan RPP, modul, administrasi guru, serta media pembelajaran. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) memberikan mahasiswa pengalaman dalam mengajar. Pengalaman mengajar ini sangat berguna bagi mahasiswa untuk menjadi seorang guru yang profesional. Untuk menjadi guru professional tidaklah mudah, diperlukan pengalaman-pengalaman mendidik yang dapat meningkatkan kemampuan seorang guru dalam mendidik dan memahami peserta didik. Memahami dalam artian seorang guru diharapkan bisa memahami peserta didik baik kondisi fisik maupun non fisik termasuk didalamnya psikis dan karakter peserta didik. PPL juga berfungsi untuk memberikan gambaran yang tepat tentang sejauh mana kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam melaksanakan proses mengajar ataupun dalam praktik kependidikan sehingga mahasiswa dapat mengembangkan dengan lebih baik kemampuan dan keterampilannya tersebut.