TY - RPRT KW - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) KW - SMP N 5 Sleman Y1 - 2016/// ID - UNY45298 A1 - Ani Nurhidayanti, Ani Nurhidayanti TI - LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta AV - public M1 - project_report N2 - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan secara profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL UNY 2015 adalah SMP N 5 Sleman yang beralamat di Karangasem, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli - 15 September 2016. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah praktikan melakukan konsultasi mengeai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D pada bab pertumbuhan dan perkembangan serta gaya dan penerapanya. Selain itu, praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti MPLS(masa pengenalan lingkungan sekolah), upacara, 5S, piket Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), pramuka , les dan lain-lain. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMP N 5 Sleman ini dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam yang diperoleh di bangku perkuliahan. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan baik dari dalam diri praktikan maupun lingkungan sekitar. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terkait. UR - http://eprints.uny.ac.id/45298/ ER -